bni sekuritas
BNI Sekuritas

Siaran Pers

Kompetisi BIONS Cuanpionship #3 Masuki Bulan Kelima, 24 Nasabah Jadi Pemenang Bulanan

detail info

Jakarta, 18 Juli 2024 - Kompetisi trading saham BIONS Cuanpionship #3 yang diselenggarakan oleh PT BNI Sekuritas (BNI Sekuritas) melewati bulan keempat dengan antusiasme tinggi dari para peserta. Terbukti, sejak dimulai pada Maret 2024, sebanyak 24 Nasabah telah berhasil meraih gelar juara bulanan, membawa pulang hadiah dengan total lebih dari Rp130 juta dalam bentuk saham BBNI.

Memasuki bulan kelima, kompetisi ini semakin menarik dengan penawaran total hadiah bulanan yang lebih besar dan hadiah Grand Prize termasuk IONIQ 5, Wuling Bingou EV, Royal Enfield Classic 350 M/T, Yamaha R25 ABS, Kawasaki Ninja 250, Vespa Primavera, juga ratusan juta saham BBNI.

SEVP Retail Markets & Technology BNI Sekuritas Teddy Wishadi, menyampaikan bahwa kompetisi BIONS Cuanpionship #3 telah menarik perhatian para Nasabah BIONS (BNI Sekuritas Innovative Online trading Systems) sejak resmi diluncurkan pada akhir Februari 2024. Selain total hadiah hingga Rp2 miliar yang ditawarkan, antusias yang datang dipercaya disebabkan oleh variasi kategori yang ada. BIONS Cuanpionship #3 memiliki 3 kategori yaitu Legendary, Victory, dan Fantasy.

"Sejak dilaksanakan untuk ketiga kalinya, BIONS Cuanpionship terus meningkatkan tantangan dan melakukan penyesuaian untuk memenuhi kebutuhan Nasabah, termasuk opsi partisipasi kelompok dalam kategori Fantasy. Kompetisi ini bertujuan memberikan wadah bagi Nasabah untuk mengembangkan keterampilan trading saham mereka serta pertumbuhan aset pribadi. Melalui inovasi-inovasi ini, kami berharap setiap Nasabah BNI Sekuritas dapat meraih kesuksesan dalam kompetisi ini dan mencapai kemerdekaan finansial di masa depan," tambah Teddy.

Melalui kompetisi trading saham seperti BIONS Cuanpionship, BNI Sekuritas secara aktif berperan dalam mendukung target Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk tahun 2024, yang mencakup penambahan 2 juta investor baru dan pencapaian Rata-rata Nilai Transaksi Harian (RNTH) sebesar Rp12,25 triliun. BIONS Cuanpionship terbukti memberikan kontribusi peningkatan sebesar lebih dari 30% terhadap total transaksi harian Nasabah, memberikan pencapaian nilai transaksi lebih dari 167% dibandingkan target awal penyelenggaraan, dan memberikan pertumbuhan rata-rata nilai transaksi bulanan peserta hingga 287% selama periode kompetisi.

Selain BIONS Cuanpionship, BNI Sekuritas juga aktif membantu para Nasabah melalui berbagai program edukasi dan literasi seperti rekomendasi saham harian dari para analis terbaik BNI Sekuritas melalui program Morning Investview yang disiarkan live melalui Instagram dan YouTube BNI Sekuritas setiap hari Senin hingga Jumat pukul 08.15 WIB, dan kegiatan Live Trading bersama Tim Riset Retail BNI Sekuritas melalui zoom setiap Senin dan Kamis. Nasabah juga dapat berkonsultasi seputar portfolio secara eksklusif dengan mengikuti program Klinik Saham (coaching clinic) BNI Sekuritas. Sejak tahun 2022, BNI Sekuritas telah mengadakan 46 kali Sekolah Pasar Modal (SPM), melibatkan sekitar 2.000 peserta," tutup Teddy.

Bagi Nasabah BIONS atau calon Nasabah yang ingin mengikuti BIONS Cuanpionship #3 dapat melakukan registrasi untuk menjadi Cuanpions individu atau kelompok melalui aplikasi BIONS atau melalui link cuanpionship.bions.id. Setiap minggunya BNI Sekuritas akan memberikan informasi peringkat hingga pemenang bulanan melalui media sosial Instagram @bnisekuritas46 atau melalui cuanpionship.bions.id.

####SELESAI####

Informasi Lainnya

BNI Sekuritas Ajak TOMORO COFFEE Kolaborasi dalam Sekolah Pasar Modal Bersama BEI
Siaran Pers

BNI Sekuritas Ajak TOMORO COFFEE Kolaborasi dalam Sekolah Pasar Modal Bersama BEI

Jakarta, 17 Oktober 2024 – PT BNI Sekuritas (BNI Sekuritas) mengumumkan kolaborasi strategis dengan TOMORO COFFEE dalam program Sekolah Pasar Modal (SPM) yang bekerja sama dengan Bursa Efek Indonesia (BEI). Program ini akan dilaksanakan di berbagai kota besar di Indonesia selama tahun 2024 hingga 2025. Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan literasi finansial di Indonesia, dengan fokus utama pada generasi Milenial dan Gen Z.

SEVP Retail Markets & Technology BNI Sekuritas Teddy Wishadi menjelaskan bahwa pemilihan TOMORO COFFEE sebagai mitra SPM didasarkan pada kemampuannya untuk menarik perhatian generasi muda. “Kerjasama ini sejalan dengan upaya kami untuk meningkatkan literasi dan edukasi di kalangan generasi muda, mengingat semakin banyaknya investor di bawah usia 40 tahun dari kalangan Milenial dan Gen Z,” ujarnya.

Data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per Juni 2024 menunjukkan bahwa sekitar 79-80 persen investor individu di pasar modal Indonesia berusia di bawah 40 tahun, dengan 55,38 persen di antaranya berusia di bawah 30 tahun. Kelompok ini mengelola total aset sebesar Rp50,75 triliun, sementara investor berusia 31-40 tahun mengelola Rp119,13 triliun, mewakili 24,09 persen dari total aset pasar.

Laporan Higo Digital Manual 2024 juga menyoroti bahwa sekitar 66,40 persen Milenial memilih coffee shop sebagai tempat favorit untuk bersantai, sedangkan 75,24 persen Gen Z lebih memilih coffee shop dibandingkan restoran. Hal ini menunjukkan bahwa coffee shop merupakan tempat yang menarik bagi Gen Z untuk bersosialisasi, belajar, dan bekerja.

Direktur Utama TOMORO COFFEE Star Yuan menegaskan, “Kami bangga bisa terlibat dan turut berkontribusi dalam meningkatkan literasi finansial di kalangan generasi muda. Kolaborasi ini menunjukkan komitmen kami yang tidak hanya menyediakan produk berkualitas, tetapi juga pada pemberdayaan generasi masa depan agar lebih siap dalam menghadapi tantangan keuangan,”

Program SPM hasil kolaborasi ini akan diadakan setiap bulan di berbagai cabang TOMORO COFFEE di seluruh Indonesia, termasuk Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Solo, Malang, Surabaya, Bali, Banda Aceh, Pekanbaru, Palembang, Manado, dan Makassar. Nantinya, peserta memiliki kesempatan untuk mendapatkan literasi dan edukasi finansial secara gratis melalui interaksi langsung dengan para ahli pasar modal dalam suasana yang santai dan menarik. Untuk mendorong minat dan partisipasi, BNI Sekuritas akan memeriahkan acara ini dengan berbagai hadiah menarik dalam bentuk rekening dana nasabah (RDN).

Hingga saat ini, BNI Sekuritas telah melakukan SPM di lebih dari 10 Cabang TOMORO COFFEE di kota-kota besar yang dihadiri oleh ratusan peserta dan masih akan ada banyak lagi aktifitas SPM berikutnya.

“Kerjasama ini merupakan langkah penting dalam menciptakan generasi yang paham investasi dan mampu menghadapi tantangan keuangan di masa depan. Dengan melibatkan TOMORO COFFEE sebagai mitra, kami percaya dapat menginspirasi lebih banyak generasi muda untuk terlibat dalam pasar modal dan membuat keputusan finansial yang cerdas sehingga harapannya mereka dapat mencapai kemerdekaan finansial yang diinginkannya,” tutup Teddy.

###SELESAI###

Mengenal Exchange Traded Fund (ETF) dan Perbedaannya dengan Reksa Dana
Siaran Pers

Mengenal Exchange Traded Fund (ETF) dan Perbedaannya dengan Reksa Dana

Di dunia investasi, banyak pilihan instrumen yang bisa dipilih oleh investor untuk mengelola portofolio mereka. Dua jenis instrumen yang sering dibahas adalah Exchange Traded Fund (ETF) dan reksa dana. Meskipun keduanya adalah alat investasi yang dapat menawarkan diversifikasi dan manajemen investasi profesional, ada beberapa perbedaan mendasar di antara keduanya.

ETF adalah reksa dana jenis investasi kolektif yang diperdagangkan di Bursa.  ETF sama seperti saham, menggunakan Indeks Saham sebagai acuan untuk investor agar lebih maksimal dalam bertransaksi. ETF bisa dilakukan di pasar primer maupun pasar sekunder. Sedangkan, reksa dana adalah kumpulan dana dari berbagai investor yang dikelola oleh manajer investasi profesional. Dana-dana ini diinvestasikan dalam berbagai aset, seperti saham, obligasi, atau instrumen pasar uang.

Berikut di bawah adalah empat perbedaan antara ETF dan reksa dana:

  1. Perdagangan dan Likuiditas

ETF menawarkan likuiditas yang lebih baik karena diperdagangkan sepanjang hari bursa dengan harga yang fluktuatif, memberi fleksibilitas dalam waktu transaksi. Reksa dana, tidak diperdagangkan di bursa, hanya dapat dibeli atau dijual pada harga Net Asset Value (NAV) atau Nilai Aktiva Bersih (NAB) yang sama untuk semua transaksi hari itu, menawarkan fleksibilitas yang lebih rendah.

  1. Biaya

ETF umumnya memiliki biaya pengelolaan yang lebih rendah tetapi mungkin dikenakan biaya transaksi seperti komisi broker. Reksa dana sering kali memiliki biaya pengelolaan lebih tinggi yang tidak langsung terlihat tetapi dapat berdampak besar pada hasil investasi jangka panjang.

  1. Transparansi dan Diversifikasi

ETF unggul dalam transparansi karena portofolionya diperbarui secara rutin dan dapat diakses publik. Reksa dana menawarkan diversifikasi yang serupa tetapi dengan transparansi yang lebih rendah, hanya memperbarui informasi portofolio bulanan atau kuartalan.

  1. Manajemen dan Investasi Awal

ETF biasanya dikelola secara pasif, mengikuti indeks pasar, sementara reksa dana sering dikelola secara aktif oleh manajer investasi. Reksa dana memungkinkan investasi awal yang lebih kecil dan manajemen profesional yang bisa menarik bagi investor pemula.

SEVP Retail Markets & Technology BNI Sekuritas Teddy Wishadi mengatakan bahwa ketika memilih antara ETF dan reksa dana, Nasabah perlu mempertimbangkan apa yang paling penting bagi dirinya. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing dan keputusan akhir tergantung pada kebutuhan investasi, gaya, dan tujuan keuangan pribadi setiap Nasabah.

Menurut Teddy, ETF cocok bagi investor yang mencari likuiditas tinggi dan biaya rendah dengan kemampuan untuk memantau harga sepanjang hari. Mereka juga ideal untuk investor yang menginginkan transparansi tinggi tentang portofolio yang mereka miliki.

“Sedangkan Reksa Dana, di sisi lain, lebih sesuai untuk investor yang menginginkan manajemen profesional tanpa harus terlibat langsung dalam keputusan investasi dan yang mungkin tidak membutuhkan likuiditas yang sama. Reksa dana juga bisa lebih ramah untuk investor dengan jumlah investasi awal yang lebih kecil,” tutup Teddy

 

### SELESAI ###

BNI Sekuritas Perkuat Komitmen Lingkungan Melalui Inisiatif Bank Sampah Anggrek Ciliwung
Siaran Pers

BNI Sekuritas Perkuat Komitmen Lingkungan Melalui Inisiatif Bank Sampah Anggrek Ciliwung

Jakarta, 04 Oktober 2024 – PT BNI Sekuritas (BNI Sekuritas) menegaskan komitmennya terhadap keberlanjutan lingkungan dengan mendukung pengoperasian kembali Bank Sampah Anggrek Ciliwung. Program ini merupakan bagian dari kegiatan CSR BNI Sekuritas yang bekerja sama dengan Karya Salemba Empat (KSE), memberikan wadah bagi masyarakat untuk berperan aktif dalam pengumpulan dan daur ulang sampah, sekaligus mengubahnya menjadi produk yang bermanfaat bagi kelestarian lingkungan.   

Direktur Operasional sekaligus Pembina CSR BNI Sekuritas, Yoga Mulya, menekankan pentingnya kolaborasi dalam menjaga keberlanjutan. “Keberlanjutan tidak dapat dicapai oleh satu pihak saja. Diperlukan keterlibatan seluruh elemen masyarakat untuk mencapainya,” ujar Yoga.  

Sejak berdirinya pada tahun 2018, Bank Sampah Anggrek Ciliwung, yang dipimpin oleh Syamsuryati, telah melayani lebih dari 140 Nasabah dan mengelola 400-600 kg sampah setiap bulan. Hal tersebut diharapkan dapat membantu mengurangi jumlah sampah yang dikirim ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bantar Gebang, yang menerima lebih dari 7.000 ton sampah setiap harinya. 

“Melalui pengelolaan sampah yang bijak, Bank Sampah Anggrek Ciliwung telah berhasil mengolah sampah organik menjadi produk bermanfaat seperti Pupuk Organik Cair (POC) dan pembuatan lubang Biopori, serta sampah anorganik menjadi Eco Brick dan kerajinan tangan lainnya yang dapat dijual kembali oleh masyarakat. Sejauh ini, pengelolaan sampah pada Bank Sampah telah mendukung keberlanjutan lingkungan sekitar dan memberikan manfaat seperti meningkatkan pertumbuhan tanaman, menjaga kebersihan rumah, hingga bisa membuat sumur-sumur di sekitar lubang resapan biopori terhindar dari kekeringan” ucap Syam. 

Selain dukungan operasional, BNI Sekuritas dan KSE juga memperkenalkan inovasi terbaru berupa cat litter berbasis kertas dan tempat sampah pintar yang dilengkapi teknologi AI untuk mendeteksi jenis sampah. Hingga saat ini, BNI Sekuritas telah memberikan kontribusi sebanyak kurang lebih 250-kilogram sampah kertas yang dijadikan sebagai bahan uji coba atau riset untuk daur ulang menjadi cat litter. Ke depannya, inovasi ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi pengelolaan sampah oleh masyarakat.

 "BNI Sekuritas berkomitmen untuk mendukung inisiatif yang berdampak positif bagi lingkungan dan masyarakat. Kami yakin bahwa kolaborasi dan partisipasi aktif dari semua elemen masyarakat adalah kunci untuk menciptakan perubahan signifikan dalam pengelolaan lingkungan. Melalui edukasi dan pemberdayaan komunitas, kami ingin memberikan kontribusi nyata terhadap keberlanjutan. Mari bersama-sama menjaga dan merawat lingkungan untuk generasi mendatang," tutup Yoga. 

Sebagai informasi, kerja sama antara BNI Sekuritas dan KSE dimulai pada tahun 2022 melalui program CSR “We Move, We Share, We Care,” yang berfokus pada literasi inklusi keuangan, pendidikan, keberlanjutan lingkungan, dan pemberdayaan masyarakat.   

###SELESAI###